Rabu, 09 Maret 2011

Abah Mansyur Pengusaha Dodol dari Sukamulya Cikupa Tangerang

TopiBambu hari sabtu tanggal 5 Maret 2011  mencoba ngobrol dengan salahsatu pembuat Dodol di  Sukamulya Cikupa yah tidak jauh dari rumah. Namun ilmu membuat dodol ini merupakan turun temurun dari neneknya ujar Abah Mansyur  bisa di sapaa. Akhirnya TopiBambu  ngobrol cara bagaimana membuat dodol  .
Bahan yang dibutuhkan:
Beras ketan, gula merah, gula pasir, air santan dan  daun pandan.
Cara pembuatan :
Masak air hingga mendidih dan larutkan gula pasir, santan, gula merah dan daun pandan serta air  secukupnya aduk hingga merata sampai kurang lebih 4 jam sampai setengah matang
Perlu diperhatikan bahwa selama proses harus terus di aduk sehingga santan tidak pecah. Lakukan penyaringan  campuran di atas kemudian masak bersama tepung beras ketan. Aduk hingga rata dengan api yang kecil. Jangan lupa adukan harus sampai ke dasar. Masak hingga mengental dan tidak lengket di wajan. Waktu yang dibutuhkan sekitar 5 s/d 7 jam ingat  kalau bukan ahlinya makan dodol tersebut tidak akan jadi. Nach ini peralatan yang di pakai Abah Mansyur :
Peralatan pembuatan Dodol
kayu bakar Rambutan
Untuk bahan bakar pembuatan dodol tidak semua kayu bakar dapat di pakai , Abah Mansyur menggunakan kayu rambutan karenatidak mengeluarkan banyak asap.
Untuk membuat dodol ini diperlukan waktu cukup lama dan dibutuhkan keahlian. Kualitas dodol Sukamulya bisa bertahan selama 2- 3 bulan . Bukan promosi, TopiBambu pun telah membelinya saat lebaran kemarin ….namun apabila para pembaca ingin membeli atau memesan untuk acara bisa datang ke alamat dibawah ini:
Jl. Padat Karya Sukamulya Cikupa RT 04/02
Bapak Mansyur samping Musolah
Atau bisa  tim TopiBambu di No. 081905042927

Tidak ada komentar:

Posting Komentar