Sabtu, 15 Juni 2013

Lestarikan Bambu Hingga Ke Bapak Presiden


Kisah ini www.kangagush.blogspot.com komunitas topibambu  karena terinspirasi  dari seorang yang peduli terhadap lingkungan hidup semoga tulisan ini dapat bermanfaat, Kisah seorang H Chaerudin atau Bang idin mendapatkan Kalpataru sebagai perintis Lingkungan kali pasanggrahan, Bang idin sebagai rakyat yang sangat peduli lingkungan hidup di tengah suasana megapolitan namun tetap dengan niat iklas di hijaukan daerah aliran sungai, sehingga bermanfaat juga bagi lingkungan dan ekonomi masyarakat dengan biaya pohon bambu yang  murah di tanam di sekitar sungai Kali Pasangrahan. Info dari Bang idin bahwa di Negara Cina merupakan produsen bambu nomor satu dunia sudah mengalami kekurangan akan tanaman ini. Semoga di Negara kita harus mengisi kekurangan pasokan tanaman bambu ini . Tanaman Bambu ini bisa tumbuh sangat baik di Indonesia dengan harapan bisa ekspor bambu nantinya.
Kunjungan Presiden ke Pabrik Topibambu Tangerang Tahun 1979

Melihat potensi bambu di kab. Tangerang  (dulu Benteng) dimana  sejak dahulu terkenal kota kerajinan bambu yang dekat sungai Cisadane (Senggereng)  telah mencatat sejarah ekspor ke hindia belanda saat ini kerajinan tersebut tetap dipertahankan.
Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan yang sangat cepat, karena memiliki sistem rhizoma – dependen unik, dalam sehari  bambu dapat tumbuh sepanjang 60 Cm (24 Inchi) bahkan lebih tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat bambu di tanam.” The Book of Bamboo. SierraClub Books”

Apa kegunaan dari pohon bambu? Dapat mencegah terjadinya erosi dipinggiran sungai, longsor di bukit-bukit dan dapat menampung debit air yang besar sehingga dapat mencegah terjadinya banjir ( akar bambu merupakan akar tunggang dan serabutnya yang akan menutupi tanah dan terikat kuat dengan tanah). Seperti terjadinya tsunami aceh  hanya pohon bambu yang tahan terhadap terjangan air bat itu.
Kegunaan lainnya diantaranya: Daun bambu bisa dibungkus untuk makanan (Ba’cang), akar bambu bisa dibuat hiasan-hiasan unik, tunas bambu bisa untuk makanan (rebung) dan bambunya bisa untuk aneka kerajinan seperti, topibambu, aneka hiasan buat lampu, bakul,  kipas, pengki dan lain lain.

Topibambu  dengan tulisan ini dan hasil pengamatan di desa desa khususnya Kab. Tangerang  dengan jumlah penganyam aneka kerajinan  bambu sebanyak 8000 orang yang tersebar di beberapa kecamatan seperti  Kutruk, cisoka, jambe, tigaraksa, panongan, ranca kelapa, ranca iyuh, pasanggrahan, solear dll. Pohon bambu saat ini mulai berkurang dan sudah banyak di jual sebagai penghasilan namun jumlah bambu yang di tebang tidak sebanding dengan yang di tanam. Namun alangkah baiknya dari Pemerintah Pemda Kab. Tangerang  dapat menyediakan lahan khusus untuk Hutan Bambu atau gerakan melestarikan tanaman bambu  dengan memanfaatkan lahan lahan tidur yang ada di lingkungan masyarakat.
Rekor Dunia Topi Bambu dari MURI Tahun 2011

Nah ini bukti Kerajinan Tangerang sudah di akui oleh Pemerintah Indonesia waktu jaman Presiden Soeharto  dan Topibambu mendapatkan Rekor Dunia “ Topi Terlebar dengan diamerter 2 Meter)dari Musium rekor Indonesia   oleh Menteri Parawisata dan Kebudayaan dan saat ini menjadi Logo Kab. Tangerang. Bahkan dalam sambutan Bupati kab. Tangerang tanggal 6 Juni 2013 Bapak A. Zaki Iskandar   saat peresmian Yayasan Sekolah Anak Yatim sukamulya Kec. Cikupa ingin mengiatkan produk lokal dan cinta produk dalam negeri, ada catatan penting bahwa Bapak Bupati  banyak menerima tamu dari luar namun hanya diberikan cendra mata berupa plakat  saja. Dengan ini seharusnya pemerintah daerah dibawah Dinas terkait memiliki stock  cendramata berupa topibambu untuk tamu sebagai hasil kerajinan kab. Tangerang, harapan penulis agar di desa , kelurahan , kecamatan serta dinas dinas saat apel pagi bisa menggunkan produk lokal Topibambu. Woww maka nasib para pengrajin dalam hitungan 2 tahun akan merasakan perubahan dan perbaikan serta akan kembali mencintai produk anyaman topibambu karena telah memberikan nilai penghasilan, dengan menganyam untuk mempertahankan topibambu tetap jaya.Semoga dengan tulisan ini ada dari pihak pemerintah dan swasta yang tergerak hatinya untuk melestarikan tanaman bambu .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar