Minggu, 28 Juli 2013

Sentra UKM Online Komunitas Topibambu bersama PT. Telkom Indonesia

Tangerang saat ini merupakan kota yang banyak industri dan perumahan modern, tak dapat dipungkiri di Tangerang terdapat tiga kota penyanggah ibu kota Jakarta yang sangat dekat dengan pusat bisnis seperti Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kab. Tangerang. Namun tak dapat di hindarkan banyaknya pertambahan penduduk dan banyaknya perumahan baru sehingga 3 Daerah Tangerang pun saat ini penduduknya sangat padat sekali.


Salah satu sentra topi terbesar berlokasi di Tangerang Banten , tepat di kawasan Pasar Cikupa , Tangerang “ Galerry Komunitas TopiBambu” .Semua aneka topibambu ada di gallery tersebut , Topi bambu dari  Tangerang ini pada zaman Hindia Belanda merupakan produk unggulan yang sudah di ekspor ke Amerika dan Eropa (terutama Prancis). Dulu topi bambu ini dianyam oleh penduduk asli dan di perdagangkan oleh orang-orang Tionghoa, sedangkan ekpor ke luar negeri dilakukan oleh pedangan Eropa.
Kejayaan topibambu Tangerang mulai surut sekitar tahun 1930, hal tersebut terjadi karena merosotnya ekspor  akibat  adanya perubahan mode yang diminati pasar dunia dan saingan model topi dari pengrajin Amerika Selatan, selain itu adanya krisis ekonomi tahun 1930 yang menghantam ekpor impor dunia.
Peserta Pelatihan Portal Community Sentra UKM IndiPreneur
Komunitas Topibambu Bersama GM Kanwil PT. Telkom Indonesia  


Pendirian komunitas Topibambu dengan memiliki MISI untuk Menyediakan wadah silaturahmi daring (online) bagi warga Kabupaten Tangerang, Memberikan media jurnalisme masyarakat (citizen journalism) untuk kemajuan Kabupaten Tangerang, Mengangkat profil kewirausahaan dan UMKM di wilayah Kabupaten Tangerang danMemberikan pengetahuan dan wadah promosi usaha secara gratis kepada UMKM  warga Kabupaten Tangerang. Berjalan dengan waktu dan niat untuk mengembangkan UKM bagi yang belum bisa memasarkan Online akhirnya mendapat kepercayaan dari sponsor .

Sentra UKM Komunitas Topibambu ini mendapatkan kesempatan untuk membantu dan mengembangkan UKM yang belum memiliki toko online atau penjulan secara online dapat belajar di Galery Topi Bambu yang telah diberikan pemasangan jaringan WIFI secara gratis sehingga para UKM dan masyarakat  dapat belajar dan transaksi di lingkungan komunitas topibambu. Proses pun berjalan dengan lancar pertemuan di PT. Telkom BSD bersama komunitas berlanjut sehingga  telah di pasangnya WIFI ID sebanyak 3 unit dan baru terpasang 2 Unit dan  sudah aktif  ujar Pak Hidayat "  Koord AM Telkom Tangerang" di Gedung Graha Telkom BSD.

Pemasasangan Wifi di gallery Topibambu 

PElatihan Sentra UKM Topibambu Di Kantor Wil Telkom 



Dalam pegembangan tersebut tepatnya topibambu diberikan kesempatan pelatihan pembuatan website dan strategi bisnis Online dengan program IndiPreneur ini bertujuan memberikan spirit UMK agar bisa bergerak demi mendongkrak penjualan serta promosi. Selanjutnya akan berimbas pada pendapatan penjulan dan dapat meningkatkan kesejahteraan pengrajin UKM tersbut, ujar kepala Wilayah Telkom Jakarta Timur “ Bapak M. Amperandus  S” sambutan dalam pelatihan Portal Community Sentra UKM di Kanwil Telkom Jatinegara 4 hari yang lalu.


Berita lain bisa lihat di http://www.indipreneur.smartbisnis.co.id/public/page.html



Show comments
Hide comments

1 komentar:

  1. Weits.... makin keren nih komunitas kita. Maju terus!

    BalasHapus