Topibambu Sambangi DISPORABUDPAR HUT ke 70 Kab. Tangerang Membuat 70 Model TopiBambu Terbanyak

Penurus Kejayan Kerajinan Topibambu Tangerang
Desember 2013, Di penghujung tahun 2013 TopiBambu berkesempatan dapat bertemu dengan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Parawisata (Disporabudpar) Kab. Tangerang, Bapak Soma Atmaja berdiskusi  tentang Komunitas Topibambu dalam rangka melestarikan Kebudayaan dan Parawisata di Kab. Tangerang ini dan dalam rangka menyambut HUT Kab. Tangerang yang ke -70.



Gambar HUT Kab Tangerang dari http://www.kabar6.com/tangerang-raya/komunitas.html.
Pada kesempatan ini Topibambu memberikan usulan untuk mempertahankan  dan melestarikan Topibambu jangan sampai punah dan saat ini menjadi Logo Kab.Tangerang sampai saat ini.
Topibambu Model ke 34


Adapun usulan dari Komunitas dalam rangka memeriahkan dan melestarikan kami " Topibambu" memberikan konsep sebagai berikut :
1. Membuat Model Topibambu dengan aneka bentuk  sebanyak 70 Model Topibambu
2. Memamerkan Topibambu tersebut melalui Fashion Show oleh para model dengan menggunakan Topibambu tersebut.
3. Melakukan sosialisasi untuk memperkenalkan kembali topibambu kepada masyarakat sebagai produk lokal masyarakat Tangerang sejal tahun 1913
4. Topibambu bisa dijadikan kegiatan rutin dalam kedinasan sehingga dapat meningkatkan peningkatan masyarakat penganyam dan pengrajin di wilayah Kab. Tangerang.

Bapak Soma Bersama Kabid UMKM

Kadis Disporabudpar bersama Ketua Komunitas Topibambu



Namun sejak pertemuan sekitar 5 minggu lalu ini semoga dari pemerintah setempat tergerak mau mambantu para penganyam dan pengrajin memberikan peningkatan dalam memproduksi dan memasarkan produk lokal tersebut dan sebagai hadiah para tamu kunjungan  oleh oleh khas kerajinan. Dalam kesempatan tersebut komunitas topibambu sudah ada gallery sejak 2 tahun lalu setelah memiliki Rekor Topibambu terbesar dari Musium Rekor Indonesia yang merupakan Rekor Dunia pada bulan Agustus 2011 yang melestarikan dan mempertahankan topibambu berasal dari Kab, Tangerang.
Topibambu Karya Komunitas buat Pesanan ke Prancis 




Dibawah ini aneka model dan contoh topibambu akan dibuat sebanyak 70 Topibambu namun sangat diharapkan dan di tunggu ternyata tidak ada respon dan kepedulian dari pemerintah daerah untuk melestarikan dan membeli produk lokal sebagai Maha Karya Masyarakat Kab. Tangerang yang saat ini terdiri dari 20 Pengrajin dan sekitar  160.000 topibambu di produksi oleh Asli Masyarakat Kab. Tangerang sebanyak 2000 - 3000 pengrajin (data terlampir). Semoga dengan tulisan ini pemerintah  sebagai regilator dan fasilitator dan melayani masyarakat sebagai Mitra membangun Kabupatan Tangerang yang Gemilang tidak terlupakan.Untuk lebih lengkap dan banyak aneka Model para pembaca silakn berkunjung ke Galeri Komunitas Topibambu dengan alamat di Jl. Raya Serang KM 15 Dari Gerbang Citra Raya  hanaya 50 meter ke arah Pasar Cikupa .
Topibambu Model ke 45

Topibambu Model ke 55

Topibambu Model ke 68





Topibambu Model ke 70


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages