Jumat, 31 Maret 2017

Desain Batik Tangerang 2017 Create LKP Topibambu Foundation

Nama Tangerang di kenal Benteng, Nama benteng ini lahir karena pada awal kota ino tumbuh dibsekitar benteng benteng pertahanan yang di dirikan Belanda.Dalam riwayatnya Belanda dalam sewaktu menghadapinya pasukan banten sering menyebrangi sungai Cisadane sekitar abad 17 dan awal abad 18. Lalau mendirikan benteng sibtepi sungai cisadane. Benteng tersebut didirikan menyusur dari utara ke selatan sebagai orientasi sampai sekarang terdapat sebuah kampung di pusat kota yang di namakan Benteng makasar.  Sedang dalam bemtuk lain juga di abadikan pada merk  kecap yang di produksi di kenal dengan nama kecap Benteng... sumber  Bahasa dan sastra KabTangerang .

Kenapa di buat batik Topibambu ? Karena model batik ini mengambarkan  ada deaain topibambu, karakter rambutan parakan, karakter kacang dan  model pesisir pantai dengan warna cerah, seperti merah, kuning hijau dan ada tanaman bambu .

Kenapa Topibambu ? Ya sejak 1918 sudah di produksi oleh masyarakat tangerang yang telah di latih oleh pengusaha jerman yang datang le tamgerang saat penjajaham dan topibambu di produksi sampai ekspor ke negara eropa, dan. 1943 telah di tetapkan menjadi logo Pemda.
Tahun 2011 topibambu mencatat sejarah menjadi topibambu terbesar berdiamter 2 mtr.
Tahun 2013 kebijakan pengunaan topibambu pramuka sdh mulai punah karwna tidak wajib lagiwnjadi pakaian pramuka yg di wajibkan.

Potensi motif kacang, rambutan, topibambu dan pohon bambu merupakan identitas tangerang dan 1976 berubah konsep kota 1000 industri sebagai penyanggah Ibu Kota Negara.

Semoga motif bambu atau motif yang cerah ini merupakan asli desain karya ayu sosilawati yang telah mendapat juara lomba desain Batik tingkat Provinsi anatar Lembaga Kursus dan Pelatihan Topibambufoundation.

Berikut karyanyata dan bila berminat desain, cetak dan menjadi baju silakan hub wa 0819 05042927

Model batik dengan topibambu laken
Topi anyaman dan batik tangerang
Batik tangerang dengan kopiah bambu
Model batik tangerang
Pamerkan batik karyanyata di Dinas Pendidikan
Presentasi hasil pembuatan batik sebagai karya nyata LKP TF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar