Kamis, 10 Agustus 2017

Perjalanan Sejarah topibambu Tangerang

Banyak sumber yang telah di tulis di berbagai artikel, bahkan informasi yang di baca satu sumber dengan sumber lainnya hampir mirip dan sama. Berbicara sejarah memang perlu di sertai data pendukung.

Perkembangan sejarah topibambu ,kami kaomunitas topibambu  (kangagus) dan beberapa teman blogger tangerang membuat komunitas ini berawal dari misi yang sama sebagai media jurnalis dan membantu agar produk yang tdk bisa on line menjadi online ujar pendiri komunitas topibambu kang kombor,begenk,andisakab,chevot,rizky,ramy sebagai inisiator bagai mana membentuk komunitas  yang memiliki nilai sejarah.

Tepatnya 25 Februari 2011 komunitas topibambu terbentuk dan bersamaan dengan berdirinya kami bersama rekan rekan mencari data dan sumber pemgrajin dan penganayam topibambu yang masih banyak di kab.tangerang dengan ber.bagai sumber.
Perjalanan bulan dengan bulan kamipun dapat mencatat kerajinan topibambu ternyata masih berjalan.

Perjalan pertama berawal ketemunya sentra pengrajinbdi pasar kemis yaitu mang endin yang saat itu sudah berjalan hampir 20 tahun menggulati pembuatan topibambu sebagai produksi topi pramuka " 30 Februari 2011"

Perkembangan topibambu generasi saat ini sudah mulai langka dan kaminpun menelusuri ke daerah pengayam dari 7 kecamatan yang kami datangi adalah
Jambe,panongan, cisoka,pasarkemis,sindangjaya, solear,tigaraksa dan balaraja.

Berjalan dengam waktu kaminpun melihat informasi dan sentra pengrajin jaman dulubsejak 1904 sdh ada di daerah tjiokoepa  sumber gambar musieum belanda.

Keahliannpengrajin topibambubtangerang bersama komunitas topibambu telah mencatat sejarah baru karena telah mendapatkan rekor dunia " topibambu terbesar di dunia dengan diamter 2 meter" di anugerahi oleh MURI tangal 7 Agustus 2011 .

Nantikan catatan sejarah berikutnya.

Artikel lengkap ada 

Www.kangagush.blogspot.co.id

Www.topibambufoundation.com

Www.topibambunews.com

Www.jurnalrosid.com

Www.travelkompas.com

Instagram : ropibambu

Twiter : topibambu

Facebook : topibambu

Wa. 0819-0504-2927

Catatan sejarah Topibambu Rekor Dunia 2011
Pameran komunitas Topibambu
Pabrik sinar tangerang Produsen Topibambu
Kunjungan Presiden soeharto- RI 2
produsen topibambu tangerang
Naskah asli ada di anak Produsen Topibambu Tangerang
Show comments
Hide comments

1 komentar:


  1. When I originally left a comment I seem to have clicked the -Notify me when new comments are added- checkbox and from now on whenever a comment is added I receive four emails with the same comment. There has to be an easy method you can remove me from that service? Thanks a lot! capital one card login in

    BalasHapus