Sunday, January 21, 2018

Industri Kerajinan Topibambu Di Tangerang

Topi yang kita kenal banyak aneka ragamnya bahkan di setiap negara memiliki topi khusus.Di Indonesia dengan penduduk hampir 250 juta lebih dan memiliki 34 Provinsi, kabupaten/kota sampai ke desa potensi yang di milikinya juga beraneka rag seperti topi dari rotan,bambu,pandan, pohon kelapa dll.

Siapa tak kenal Tangerang sebagai penyanggah ibukota negara dan menjadi kota 1.000 industri. Dulu sebutan tanggaram sejak kolonial belanda dan tahinb1943 menjadi Tangerang, tahunb1993 di mekar lagi ada Kota Tangerang dan 2008 ada Kota Tangerang Selatan, namun Kab.Tangerang merupakan kecamatan terbanyak sekitar 29 saat ini dan 264 Desa.

Berdasarkan sejarah kangagus/topibambu membaca dalam buku Pramoedya Ananta Toer  Tangerang sudah menjadi pusat Industri sejak 1887 dan 1913 sd 1930 sudah mengekspor topibambu ke eropa dan amerika sebanjak 450 juta. Dan tahun 1980 topibambu menjadi bagian untuk topipramuka putri, namun 2014 kebijakan di rubah menjadi topibahan dari kain, potensi topi pramuka  telah menjadi industri kala itu dalam penelitian dan observasi kangagus lakukan selama 7 tahun terakhir setelah terbentuknya komunitas topibambu adalah telah mencatat dalam 1 bulan produksi 8.000 kodi dengan 20 home industri dan jumlah pegawai sekitar 200 orang  di selesaikan dalam 1 bulan sekitar 160 .000 topi pramuka.
Secara perhitungan sejak 35 tahun lalu telah memproduksi sekitar 67,2 juta topi di pakai di seluruh Indonesia untuk bidang ke Pramukaan dan dapat menmberikan dampak perekonomian di sentra 6 kecamatan penganyam topibambu sebanyak 4.000 ibu ibu di kampung dan desa yang menggantungkan penghasilan dari menganyam topibambu pramuka kala itu

Kebijakan dari pemerintah tahun 2012 melalui Surat Keputusan Kwartir Nasional  Gerakan Pramuka No.174 thn 2012 telah mengganti topibambu menjadi topi bludru. Dan sejak tahun 2015  telah menjadi penurunan dan berakibat pengrajin home industri Topibambu gulung tikar saat itu.

Berbicara perjalanan saat ini Komunitas topibambu mencoba mengiatkan kembali agar topibambu agar tidak punah sehinggga potensi produk ungggulan masyarakat  tidak hilang. kami pun memberikan edukasi dan pelatihan serta wisata edukasi agar kerajinan tersebut tidak punah.

Besar harapan di tahun 2018 produk topibambu pun mencoba menjadi kerajinan anyaman bambu miliki aneka produk seperti yang telah di buat  produk di bawah ini , dan pembaca yang berminat atau ingin kolaborasi dapat menghub kangagus 0813 8513 7473 atau instagram topibambu.

Demikian secara observasi, promosi, edukasi, budaya topibambu yang telah di jalankan semoga ada pihaknyang tersentuh dengan tulisan ini dan menjadikan industri bambu dari hulu ke hilir serta tak lupa kegiatan menanam bambubterus di galakan selain untuk menahan erosi, sumber daya air dan pemberi oksigen.

Para penganyam Topibambu masyarakat Desa untuk penghasilan Tambahan pendapatan
Hasil produk topibambu dasar sebelum di proses
Hasil finishing produk topibambu
Topibambu siap di pasarkan dan di kirim ke pembeli
Kangagus melakukan promosi melalui dunia Televisi
Produk topibambu fashion
Produk kopeah bambu 
Produl anyaman bambu dengan batik menjadi tas bambu
Produk sajadah bambu
Aneka produk topibambu
Aneka model topibambu

No comments:

Post a Comment