-->
  • Sejarah Topibambu ada di Desa Cikupa

    Desa Cikupa berdiri pada tahun 1922, pada saat itu dipimpin oleh Kepala Desa I (pertama) yaitu Bapak MUDERI. Pada awal kepemimpinan Bapak MUDERI, Beliau berkeinginan mengembangkan perekonomian Desa Cikupa yang mayoritas penduduknya sebagai pengelola perkebunan, maka untuk memasarkan hasil perkebunan tersebut Kepala Desa mengajak beberapa tokoh diantaranya,H. SAPRI, H. PENGKI dan Ki GALEONG untuk mendirikan pasar desa. Dan Pada tahun 1926 berdirilah Pasar Cikupa yang hari pasarnya seminggu dua kali yaitu Hari Selasa dan Hari Sabtu. Pasar Cikupa merupakan salah satu pasar tertua di Kabupaten Tangerang yang merupakan pasar desa dan masih ada sampai sekarang. Ini sumber info Tentang Desa Cikupa Nah kangagus merupakan putra kelahiran desa Cikupa banyak perubahan yang terjadi sejak 20 tahun terakhir perubahan besar oleh Pengembang Citra Raya,Perubahan Pasar Cikupa Hinga sekolah SD 1, II dan SD IV pindah ke area Deket perumahan Citra raya.

     Saksi sejarah ekonomi di Cikupa terbukti adanya ekonomi masyarakat melalui pembuatan anyaman topi bambu dulu bermana Tjikoepa tahun 1920. dan berdirinya desa Cikupa 1922 sejak 30 tahun lalu pasar Cikupa terdapat bangunan los dari penjajahan Belanda terdapat 2 gedung untuk pedagang.Dibawah ini masih terdapat penerus penganyam sejak dulu di wilayah Cikupa  Mindi palahlar.

    Galery Saat ini aneka macam Topi Bambu tersedia di galeri dan Yayasan Topi Bambu sebagai lembaga non profit untuk kegiatan kolaborasi bersama koorporate atau pemerintah.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Artikel

Pameran Tunggal "Jejak" bersama Rumah Anak Bumi

Pemateri Pelukis Adikara dan Moderator Ridwan Manantik (pendiri Rumah Anak Bumi) dalam acara diskusi Pameran Tunggal Adikara ...