Pages

Minggu, 03 Maret 2024

PISAT BANTEN sebagai sentra Inovasi Peci Berbasis Serat Alam dan Tenun Banten

Pusat Inovasi Serat Alam dan Tenun Banten (PISATBanten) untuk Produk Peci atau kopeah di Indonesia sudah tidak asing lagi untuk acara  kegiatan nasional maupun untuk umat muslim menajalankan sholat 5 waktu.Komodifikasi atau  yang lebih modifikasi menggunakan serat alam  anyaman Bambu, anyaman pandan, pelepah pisang, serat alam rami, serat alam rotan yang berbasis kearifan lokal di Banten .


Tahun ini, pameran INACRAFT 2024 diramaikan oleh 1.500 UKM peserta yang mengisi 1.066 booth dengan 24 island yang terdiri dari 850 anggota ASEPHI, 650 terdiri dari Non Anggota dan Peserta Binaan Kementerian, BUMN, Dinas, dan Dekranasda. Inacraft  tahun ini  juga dihadiri oleh peserta luar negeri yang bertempat di Plenary Hall, seperti, Uzbekistan, Nepal, Thailand, Malaysia, Korea, Jepang, Polandia, Vietnam, China, dan perwakilan negara Asia Tenggara yang hadir dalam Paviliun AHPADA.

Ketika M.Hatta mewakili Indonesia dalam Konferensi Meja Bundar di Den Hag ,27 Desember 1949. Hatta di gunjing oleh para akativis sebagai blootshoofd (tanpa kopeah) sebagai ciri khas KeIndonesia tidak di tampilkan dari literasi sejarah peci sudah dikenalkan. di era modern atau globalisasi ini para pelaku usaha selalu membuat inovasi dan kreatifitas agar nilai jual sebuah produk menjadi hasil karya yang memiliki nilai manfaat bagi manusia secara berkelanjutan dan menggunakan bahan ramah lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar