Senin, 07 Maret 2011

Pak Mahmud Pengrajin Kukusan Bambu dari Kampung Rancakalapa

Pagi ini TopiBambu menyusuri kampung Rancakalapa di Desa Rancakalapa, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang untuk mencari sisa-sisa pengrajin produk anyaman bambu yang terdapat di kampung itu. TopiBambu berhasil mendapatkan nama pengrajin kukusan bambu, bakul nasi bambu, loso dan ilaban. Akan tetapi, yang berhasil ditemui langsung baru pengrajin kukusan bambu bernama Pak Mahmud. Berikut adalah profilnya.
Pak Mahmud pengrajin kukusan bambu dari Rancakalapa
Pak Mahmud pengrajin kukusan bambu dari Rancakalapa
Pak Mahmud adalah pengrajin kukusan bambu yang telah membuat kukusan bambu sejak usia remaja. Di usia senjanya kini Pak Mahmud sehari-harinya memproduksi kukusan bambu sedangkan Bu Mahmud menjaga warung. Pak Mahmud memiliki tiga orang anak yang terdiri dari seorang putra dan dua orang putri. Ketiganya sudah berkeluarga. Dari seluruh anggota keluarga hanya Pak Mahmud saja yang dapat membuat kukusan bambu. IStri dan anak-anak Pak Mahmud tidak bisa.
Dalam seminggu Pak Mahmud dapat memproduksi 3 kodi kukusan bambu. Kukusan bambu tersebut diambil oleh pedagang alat-alat rumah tangga yang terbuat dari bambu setiap seminggu sekali.
Tetangga seberang Pak Mahmud juga ada yang memproduksi kukusan bambu tetapi secara sambilan karena yang bersangkutan juga berdagang dan bertani. Sebagaimana Pak Mahmud, beliau itu pun seorang pengrajin yang usianya sudah senja. Menurut Pak Mahmud, hampir tidak ada lagi anak muda yang mampu membuat kerajinan alat rumah tangga dari bambu. Anak-anak muda lebih senang kerja di pabrik daripada memproduksi barang-barang kerajinan dari bambu.
Kukusan bambu buatan Pak Mahmud
Kukusan bambu buatan Pak Mahmud
TopiBambu berharap ada generasi muda yang mau meneruskan tradisi nenek moyang dalam membuat alat-alat rumah tangga yang ramah lingkungan. Saat ini semua produk harus ramah lingkungan. Semua negara bicara go green. Mempergunakan alat-alat rumah tangga dari bambu adalah sebuah langkah nyata gerakan hijau yang semestinya didukung oleh semua orang.
Show comments
Hide comments

1 komentar:

  1. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    BalasHapus