Kamis, 14 Agustus 2014

Komunitas Topibambu bersama KKN UIN Jakarta

Komunitas topibambu merupakan sosial community dengan visi helpfull community, dimana komunitas ini dapat membantu UKM yang belum memasarkan produknya secara online dan sebagai media jurnalis.
Keberadaan komunitas dapat memberikan baik konsep, ide dan pemberdayaan untuk membuat ekonomi kreatif di lingkungan sekitar
Akhirny topibambu pun dapat bekerjasama dalam -Kegiatan Pelatihan Anyaman Souvenir Bambu bersama UIN syarif Hidayatullah. Ini sedikit uraian kegiatan bersama dengan teman teman mahasiswa/i sebagai berikut :
Sebagai bentuk perwujudan dari Tri Dharma pendidikan, Lembaga Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) UIN Syarif Hidayatullah mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan mengirimkan delegasi mahasiswa ke berbagai desa di sekitar Jabodetabek.
Tujuan utama KKN, selain untuk melatih mahasiswa melaksanakan pendidikan selain di kelas, tapi juga untuk memberdayakan keilmuan mahasiswa untuk memberdayakan masyarakat di lokasi KKN.
Kebetulan, kelompok KKN Sejati yang beranggotakan 14 mahasiswa dari berbagai fakultas; mendapatkan lokasi di Desa Caringin, Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten. Di sana, saya dan kawan-kawan KKN Sejati melihat potensi kemampuan masyarakat dalam menganyam bambu yang sangat besar.
Peserta KKN dan Masyarakat Pelatihan Anyaman Bambu bersama Komunitas Topibambu

Namun, saya dan kawan-kawan KKN Sejati merasa masih kurangnya kesadaran masyarakat bahwa menganyam bambu bisa dijadikan komoditi utama bisnis; khususnya di kecamatan Cisoka.
Kebiasaan pengerajin anyaman bambu di Desa Caringin adalah membuat anyaman topi pramuka dan topi caping petani. Hal ini dikarenakan desain bentuk kerajinan yang dibuat cenderung tidak berkembang. Padahal, bila kreatifitas ini bisa terus dikembangkan, maka tidak tertutup kemungkinan potensi pasar bambu bisa semakin luas.
Oleh karena itu, saya dan teman-teman KKN Sejati mengajak kerja sama dengan komunitas Topi Bambu. Karena komunitas ini sudah sangat banyak menolong masyarakat menengah ke bawah yang bekerja sebagai pengrajin anyaman bambu.
Harapan kami, kerja dengan Desa Caringin bersama KKN Sejati yang di sokong pula oleh komunitas Topi Bambu, bisa terus berjalan dengan baik, dan bisa terus mengembangkan kreatifitas bambu yang ada di Kabupaten Tangerang.

Ketua KKN UIN Jakarta dengan Kang Agush Topibambu

-Gerhana Ika Saraswati, Semester 6, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis-demikian biasa di sapa gerhana saat pertemuan dilokasi pengrajin di tigaraksa bersama kangagus "ketua komunitas"
Pertemuan dengan Mahasiswa /i KKN UIN Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar