Selasa, 12 April 2016

Lengkong Kiayi Kampung Heritage Pahlawan Tangerang

Kunjungan topibambu menuju kampung di dekat pinggiran  masih Kab.Tangarang , hasil kunjungan di daerah lengkong Kec.Pegedangan banyak tersimpan sejarah yang saat ini masih di pertahankan.
Suasana kampung ini terapit oleh bangunan besar dan di belakang nanyang Korea BSD, namun untuk menuju ke kampung ini sangat mudah masuk dekat bundaran air mancur dahulu atau dekat Samping Bank BNI BSD trus ke arah lampu merah dan arah ke kanan. Lalu ada PDAM masuk ke dalam ada lorong cukup dekat.
Topibambu memberikan gambaran sejarah akan memberikan makna dan manfaat bagi generasi muda, oleh karena itu semoga tulisan ini memberikan masukan bagi pemerintah maupun pembaca.
Ketika datang di area kampung ini ada jalan jembatan yang turun ....lalu sampai di area Makam Pahlawan Raden Aria Wangsakara. Saat bertemu dengan H syahroni sedang membuat bangunan musolah akhirnya sambil istirahat minum kopi bercerita panjang lebar sebagai berikut :
Keluarga H Syahroni merupakan keturunan yang ke 11 dan masih menyimpan sejarah tempo dulu.
R Aria Wasangkara berasal dari Sumedang dan Cirebon ibu nya berasal dari Banten. Raden Aria Wasangkara merupakan keturunan dari Raja Sumedang Laran yaitu Sultan Syarif Abdulrohman, Di lengkong kyai menikah bersama istri nya.
Di kampung lengkong kyai terdapat  makam keramat
1. Syeikh Mustaqim Bin Darda
2. Raden Aria Wangkasara
3. Sheikh Azhari Bin Nashib
Di area makam terdapat bangunan  pintu masuk ada gerbang , sebelah kiri Musollah, ada pendopo, ada tugu Tigaraksa untuk Upacara dan Arean Makam ada di kiri pojok lapangan. Semoga harapan kedepan ujar H syahroni akan dibangun Sanggar Kaligrafi.
Demikian semoga bermanfaat
Pintu masuk menuju kampung kiayi
Jembatan menuju Makan Heritage 
Gapura Makam Pahlawan Kab.Tangerang
Musolah Makam Raden Aria Wangkasara
Kaligrafi Prestasi Bupati A Zaki Iskandar
Gedung untuk Penjiarah Makam
PENDOPO 
Tugu Tigaraksa Makam R. Aria Wangsakara
PEMAKAMAN 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar