Translate

Produk Ekonomi Kreatif Berbasis Lingkungan

Ekonomi kreatif 5 tahun ini sudah banyak dibicarakan, Ekonomi kreatif yang paling penting adalah berbasis lingkungan, Dimana Sumber Daya Alam yang ada di sekitar kita khususnya dapat dimanfaatkan untuk produk ekonomi yang dapat bernilai jual tinggi.

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan memgandalkan ide dan pengetahuan  Sumber Daya Manusia  sebagai faktor Produk yang utama.

16 Subsektor Ekonomi kreatif, ada 3 paling utama saat ini baik Fashion, Kuliner dan Craft namun subsektor lainnya seperti Aplikasi,Game, animasi dll sedangkan di Amerika 1997 dalam Buku The Creative Economy  How Poeple Make Money Form Ide (2001) John Howkins telah menghasilkan produk produk hak Kekayaan Intelektual ekspor No.1 di Amerika Serikat.
TopiBambu merupakan bagian kecil dari Ekonomi Kreatif Berbasis Lingkungan dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam berbahan Baku Bambu di sekitar lingkungan yang ada di Tangerang.

Kepala Bekraf Triawan Munaf menggunakan produk ekonomi kreatif topibambu bersama Walikota Tangsel (Airin Rachmi Diany) dan Sultan Banten Bambang Wisanggeni gunakan kopeah bambu dan Kangagus Founder Topibambu di Acara Pasar Ekonomi Kreatif yang dinselenggrakan di BSD Akademi Bambu Nusantara Serpong  dengan mengedepankan ekraf dan pasar kreatif  selama 3 hari transaksi dengan koin bambu.

Dalam sambutan dan pembukaan Kepala Bekraf mendukung penuh upaya kerajinan bidang bambu asal Indonesia  untuk memenuhi pasar dunia baik kerajinan, interior dan peralatan furniture sehingga nilai ekonomi bambu menjadi tinggi ujar Triawan Munaf setelah penyerahan Cendramata gunakan topibambu khas Tangerang di serahkan langsung oleh Sultan Banten.

Foto bersama Founder ABN Kang Mukodass bersama Kepala Bekraf,Walikota Tangsel dan Sultan Banten setelah menanam bambu di area ABN




Workshop sederhana pemanfaatan bambu menjadi sebuah produk bersama LKP Topibambu Foundation agar kreativitas bambu memiliki nilai jual tinggi dan memiliki nilai ekonomi. 


Acara pasar Ekonomi kreatif  yang di laksanakan selain diskusi dan workshop berbasis lingkungan dilakukan penanaman bambu di area ABN sekaligus dengan workshop membuat anyaman bambu berbentuk tas .



Suasana Pasar Ekonomi Kreatif ABN 14 sd 16 Februari 2019 BSD Tangsel

Inovasi berbagai produk bambu seperti sepeda bambu, kap lampu bambu, Topibambu, kopeah bambu, tas bambu dan dompet bambu

Kangagus gunakan sepeda bambu dan Helm Bambu

Hasil Workshop keranjang bambu

Aneka produk kerajinan dari bambu 

1 comment:


  1. Fansbetting itu apa sih,,, ??
    penasaran guys???
    akan kami jelaskan guys ^-^
    Ayo bergabung sekarang juga bersama kami di Fans^^betting ^_^ untuk info dan tanya" langsung saja ya di add contact kami
    WA @ +855 963 156 245
    line @ fansbetting
    wechat @ fansbetting3
    bersama dengan kami CS fansbetting thankyou,,,

    ReplyDelete