Translate

ProduksiJual Arang Bambu Dan Sabun Bambu


Bambu adalah tanaman jenis rumput rumputan yang banyak tumbuh hampir diseluruh pelosok Indonesia. Potensi bambu di Indonesia sangat luar biasa sekali dan diperkirakan terdapat 5 juta Ha hutan bambu dengan 160 jenis atau sekitar 12,5 % dari seluruh jenis bamboo yang ada di dunia.

Di Jawa Barat, daerah yang banyak memiliki hutan bambu adalah     Tasikmalaya seluas 4950 Ha, Purwakarta 2950 Ha dan  Sukabumi 3400 Ha.
Sejak jaman dahulu bambu banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk membangun rumah, membuat berbagai macam kerajinan dan juga bahan bakar,  khususnya oleh penduduk desa dimana bambu banyak tumbuh.
Banyak sekali spesies tanaman bambu yang tumbuh di Indonesia dengan berbagai macam ukuran dan warnanya, seperti bambu betung dan bambu gombong (Dendrocalamus asper ) yang ukurannya besar biasa digunakan untuk tiang dalam membangun rumah, bambu Cendani (Bambusa glaucescens) biasa digunakan untuk tanaman pagar, bambu tutul (Bambusa maculate) karena warnanya sangat artistic  banyak dibuat menjadi  peralatan mebelair,  bambu wulung (Gigantochloa verticillata) sebagai bahan pembuatan mebelair, alat musik dan anyaman untuk dinding ataupun plafon rumah sehingga nampak artistic,  Bambu ori (Bambusa arundinacea ),  bambu ampel, bamboo kuning (Bambusa vulgaris S ), bambu haur hijau (Bambusa tuldoides), Bambu Apus; Bambu Tali  (Gigantochloa apus Kurz.), Bambu Legi; Bambu Ater ( Gigantochloa atter )  dan lain lain.


Spesies bambu  diatas hanya beberapa contoh yang saya sebutkan karena masih banyak sekali jenis/ spesies yang lainnya yang tumbuh diberbagai wilayah di Indonesia.
Hutan bambu sebagai tanaman yang sangat berperan dalam menjaga kelestarian alam seperti menahan erosi, menjaga ketersediaan air tanah, mengikat gas karbon. Disamping itu ternyata bambu juga dapat dibuat menjadi bahan karbon aktif, bahan obat-obatan dan kecantikan, bahan pakaian, dan masih banyak manfaat lainnya.
Pada dekade belakangan ini banyak sekali dilakukan penelitian akan manfaat bambu selain digunakan untuk kebutuhan secara tradisionil seperti saya sebutkan diatas dan ternyata bambu memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia.
Tanaman ini dikenal di Cina sebagai zhu ,   Secara umum, bambu dianggap dapat menurunkan panas  , menenangkan , dan menghilangkan dahak   . Meskipun banyak jenis bambu yang digunakan sebagai sumber produk obat , yang utama adalah Phyllostachys nigra , (bambu hitam ) , yang tumbuh subur di sepanjang Sungai Yangzi , dan Bambusa breiflora , Bambusa tuldoides , dan texilis Bambusa
  .
Semua bahan bambu memiliki rasa agak manis  di semua bagian.  Daunnya dapat digunakan untuk mengatasi batuk berdahak.   Bambu ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti  epilepsi, pingsan dan kehilangan kesadaran pada penyakit demam, dan berbagai gangguan daya piker akibat penuaan. Lophatherum (daun bambu) dan serutan bambu dapat meredakan penyakit  perut panas/ mulas,

ARANG  BAMBU


Bambu yang dibuat menjadi arang dengan cara melakukan pembakaran dalam tungku dengan panas sekitar  700˚ selama 7 jam, ternyata sangat banyak manfaatnya seperti tersebut dibawah ini :
Arang bambu dikenal memiliki porositas tinggi. Berbagai kotoran atau zat berbahaya dalam ruangan dapat  diserap oleh arang bambu.  Ketika kondisi udara dalam tingkat  kelembaban  tinggi, arang akan menyerap kelembaban dan  jika udara dalam keadaan terlalu kering, maka arang akan melepaskan kelembaban sendiri, sehingga menyesuaikan kelembaban udara.
Cuka bambu atau asam pyroligneous yang diekstrak ketika membuat arang dapat digunakan untuk ratusan perawatan di hampir semua bidang. Cairan ini mengandung 400 senyawa kimia yang berbeda dan dapat diterapkan untuk berbagai tujuan termasuk kosmetik, insektisida, deodoran, pengolahan makanan, dan pertanian.

Ada beberapa bukti bahwa menambahkan Bambu arang atau cuka bambu dalam pakan ikan  atau unggas  dapat meningkatkan tingkat pertumbuhan dan kekebalan mereka terhadap penyakit. ( "Bamboo charcoal can boost fish growth: study". The China Post (Taiwan). 6 April 2009. Retrieved 11 March 2011.0)


Dari beberapa penelitian ternyata arang  bambu juga bermanfaat untuk menetralisir zat berbahaya dalam air, mengurangi radiasi computer, membersihkan udara dari kepulan asap rokok, menghilangkan bau dalam lemari pakaian dan kulkas,  menjernihkan minyak goreng dan dibuat menjadi briket arang bambu sebagai bahan bakar yang memiliki kualitas tinggi dan tahan lama.



KOKAS ARANG BAMBU

Untuk mendukung kekurangan sumber energi dengan menipisnya bahan bakar minyak, gas dan batu bara, bambu dapat memberikan peran sebagai bahan bakar pendukung yang cukup potensial.

Oleh karena itu kami tertarik untuk mengadakan penelitian pemanfaatan arang bambu sebagai bahan bakar pendukung dan akhirnya kami dapat membuat Kokas Arang bamboo sebagaimana gambar disamping.


Kokas Arang Bambu ini sudah kami lakukan uji laboratorium yang ternyata hasilnya sangat memungkinkan sebagai bahan bakar, khususnya untuk perusahaan-perusahaan industri yang membutuhkan banyak bahan bakar seperti, peleburan besi, semen dsb.
Arang bambu

Kokas arang bambu


Kemasan sabun bambu

Arang Bambu di proses menjadi Sabun Bambu


Dari hasil uji laboratorium tersebut ternyata produk Kokas Arang bambu kami menghasilkan  bahan bakar yang memiliki kandungan karbon sebesar  89,11 % dan 7.346 kalori per gram.
Kokas Arang Bambu tersebut juga dapat menghasilkan panas sampai dengan 3000˚ C sehingga mampu untuk meleburkan biji besi atau logam sebanyak 3 kg untuk setiap Kg Kokas.
Dengan kemampuan daya pembakaran seperti tersebut diatas ternyata Kokas Arang Bambu ini lebih efisien dibanding dengan bahan bakar batu bara atau gas.

Mengingat begitu banyaknya manfaat arang bambu bagi kebutuhan kita serta memperhatikan sumber daya bahan bambu yang begitu banyak di Jawa barat ini, kami telah  memproduksi arang bambu dengan kapasitas produksi kurang lebih sebanyak 100 ton sebulan.

Dalam pembuatan arang bambu ini membutuhkan sekitar 20.000 batang bambu per bulan atau 0,02% dari cadangan persediaan bambu di tiga kota yaitu ; Purwakarta, Sukabumi dan Tasikmalaya yang memiliki kira kira sebanyak 71.50.000 batang dari seluas 11.000 Ha tanaman bambu.

Untuk mempertahankan kelestarian alam, kami memilih bahan bambu yang telah berumur 3 tahun keatas dengan membeli dari petani bambu, dengan syarat tidak menebang pohon bambu yang berada di tebing-tebing dan pinggiran sungai  agar tidak terjadi longsor dan pendangkalan sungai.

Karena pertumbuhan bambu sangat cepat sekitar 60 cm perhari, maka usaha ini tidak akan mengakibatkan kepunahan hutan bambu tersebut diatas karena cepatnya regenerasi tanaman bambu.

Akademi Bambu Nusantara; mampu menyediakan produksi 10-20 ton briket dan kokas setiap hari.

Ayo; kembali ke alam. Dan rasakan energi ramah lingkungan berbahan bambu.

Informasi kontak : 0813 8513 7473



1 comment:


  1. Fansbetting itu apa sih,,, ??
    penasaran guys???
    akan kami jelaskan guys ^-^
    Ayo bergabung sekarang juga bersama kami di Fans^^betting ^_^ untuk info dan tanya" langsung saja ya di add contact kami
    WA @ +855 963 156 245
    line @ fansbetting
    wechat @ fansbetting3
    bersama dengan kami CS fansbetting thankyou,,,

    ReplyDelete