Wednesday, April 28, 2021

Pengembangan UMKM Melalui Ekonomi Digital Berbasis Artificial Intelegence Bersama KemenkopUKM

Di era digital saat ini semua kegiatan dibutuhkan kecepatan Dan keakuratan, disemua sektor baik pendidikan, Ekonomi maupun transportasi Kegiatan yang banyak dilakukan sektor UMkM harus siap menjalankan Ekonomi Digital sebagai bentuk Ekonomi yang memanfaatkan bantuan Teknologi informasi Dan Komunikasi. “Salah satu agenda prioritas KemenkopUKM adalah melakukan  transformasi koperasi dan UMKM ke arah ekonomi digital untuk mencapai efisiensi dan efektifitas,” papar  Deputi bidang UKM KemenkopUKM Hanung Harimba Rachman 26/04/2021  melalui zoom saat pembukaan Pelatihan UMKM Di Tangerang Banten.
Beliau minta UMKM harus jeli dan mempunyai intuisi untuk melihat peluang pasar, sehingga produk UMKM selalu berorientasi pasar (market oriented). UMKM yang mampu beradaptasi dalam mengikuti perubahan dan mampu membaca permintaan dari pasar, serta yang bisa beralih dari konvensional menjadi online, terbukti yang mampu bertahan di tengah masa pandemi ini.
Pelatihan Pengembangan Keahlian Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence) pelaku usaha Di berikan Aplikasi Chatbot agar mengurangi beban layanan untuk Pelanggan, Tanpa keahlian programming, Platform Masserger, software mudah Di gunakann dan terintegrasi kesosial media maupun marketplace.

Pelatihan Manajemen Usaha dan Keuangan UKM serta Peltihan Vocational Pengembangan Marketing Mix ini ia berharap khususnya pada UKM dapat menjadi lebih unggul dan berdaya saing, dapat menyelesaikan permasalahan dalam manajemen usahanya dan menjadi pemenang dalam persaingan yang semakin ketat, serta memberikan solusi bagi Pengurangan Kemiskinan dan Pengangguran.
Data UMKM yang terhubung platform digital mengalami pertumbuhan, sejak pandemi covid-19 di Indonesia, terjadi peningkatan jumlah transaksi secara daring sebesar 26%, sementara UMKM yang belum terhubung dengan platform digital mengalami penurunan omset.

No comments:

Post a Comment

Featured post

Ngeblog Selama DiRumah Aja Dapat Menghasilkan Karya dan Kreatifitas

    Manfaatkan Kegiatan DiRumah Aja Di Hari Idul Adha 2021 dan bertepatan Peraturan Pemerintah tentang PPKM di semua peloksok hi...