Pelatihan dan Workshop "Tenun Baduy Kearifan Lokal yang Mendunia"

Budaya Banten yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kemendikbud adalah Tenun Baduy. Dalam perjalanannya tenun Baduy telah diperkenalkan oleh berbagai fashion designer hingga ke mancanegara. Namun sayangnya, tenun Baduy Banten belum terkenal di lingkungannya sendiri, bahkan belum banyak mengetahui tentang Tenun Baduy sebagai kearifan lokal.

Tenun Baduy memiliki makna, nilai sejarah, dan teknik yang tinggi dari segi warna, motif, jenis bahan serta benang yang digunakan. Pekerjaan menenun dilakukan oleh kaum perempuan sekira 3 minggu hingga 3 bulan prosesnya. Namun sayangnya, kekayaan warisan budaya tenun Baduy ini tidak banyak dikenakan oleh generasi muda, bahkan cenderung menurun peminatnya.

Sebagai upaya untuk melestarikannya dan warisan budaya ini bisa dinikmati sepanjang masa memerlukan penciptaan karya kreatif inovatif. Melalui Yayasan Topi Bambu, warisan budaya Banten ini (tenun Baduy) tidak hanya sebagai busana (sandang). Melainkan mampu menggali dan membangkitkan khasanah budaya kearifan lokal Banten lainnya, di wilayah 8 Kab/Kota di provinsi Banten yang belum tersentuh secara potensi kearifan lokal masing-masing daerah. Berikut link lipautan kegiatan Pelatihan dan Workshop Komodifikasi Tenun Baduy dan Serat Alam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages