Meriah Pawai Sungai BKT, Pekan Kebudayaan Nasional 2023

Dalam acara pembukaan   Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 telah usai, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus bersemangat merawat budaya. Gelora semangat itu tercermin pada penghujung rangkaian PKN 2023 yang ditutup dengan Festival Pawai Lumbung Sungai di Banjir Kanal Timur, Jakarta.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, hadir untuk melakukan prosesi pelepasan rakit hias Festival Pawai Lumbung Sungai ini. Festival diikuti oleh sejumlah peserta yang terdiri atas seniman, komunitas pencinta dan peduli sungai, dan delegasi provinsi. Sebanyak 18 rakit yang telah dihias sedemikian rupa dengan ornamen budaya masing-masing, siap menyusuri aliran sungai Ciliwung-Cisadane di Banjir Kanal Timur.

“Walaupun pawai ini adalah akhir dari rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional 2023, namun bukanlah akhir dari perjalanan kita untuk memajukan kebudayaan Indonesia,” ucap Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid, di Jakarta pada Minggu (29/10).

Antusias masyarakat sepanjang aliran sungai dari start hingga finish di depan Kampus Persada, di sambut aneka tarian dan musik 
Pawai sungai dengan tema "Maetala Banten" dengan  berbagai model penari di perahu rakit dari yayasan Topi Bambu ikut serta dalam rangka  Pekan Kebudayaan Nasional 2023 (29/10/2023)
Kemeriahan acara pawai sungai ini kolaborasi berbagai pihak dan komunitas di antaranya Urutan pawai
1. Kang Tisna
2. Bhulak ngumpal
3. Jogja
4. Bangka belitung
5. Ciliwung bambon
6. Komunitas topi bambu
7. Kalimantan selatan 
8. Aceh
9. Lampung
10. Mat peci
11. Riau
12. KPC bogor
13. Karang taruna
14. KPC Depok
15. Sinau art
16. Jambi
17. Damar kurung
Sumber.Linkhttps://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/10/pkn-2023-usai-kemendikbudristek-ajak-masyarakat-terus-majukan-kebudayaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages