PARADE HERITAGE TENUN BADUY DAN SERAT ALAM BANTEN 2023

Budaya Banten yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kemendikbud adalah Tenun Baduy. Namun sayangnya,tenun Baduy Banten belum terkenal di lingkungannya sendiri, bahkan belum banyak mengetahui tentang Tenun Baduy sebagai kearifan lokal. Tenun Baduy memiliki makna, nilai sejarah, dan teknik yang tinggi dari segi warna, motif, jenis bahan serta benang yang digunakan.

 

Parade Heritage " Seminar Tenun Baduy Dan Serat Alam Banten
Parade Heritage " Tenun Baduy Dan Serat ALam Banten

Pekerjaan menenun dilakukan oleh kaum perempuan sekira 3 minggu hingga 3 bulan prosesnya. Namun sayangnya, kekayaan warisan budaya tenun Baduy ini tidak banyak dikenakan oleh generasi muda, bahkan cenderung menurun peminatnya. Yayasan Topi Bambu tak hanya melestarikan tenun Baduy hanya sebagai busana (sandang). Ingin menggali dan membangkitkan khasanah budaya kearifan lokal Banten lainnya, di wilayah 8 Kab/Kota di provinsi Banten yang belum tersentuh secara potensi kearifan lokal masing-masing daerah. Budaya Banten yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kemendikbud adalah Tenun Baduy. Namun sayangnya, tenun Baduy Banten belum terkenal di lingkungannya sendiri, bahkan belum banyak mengetahui tentang Tenun Baduy sebagai kearifan lokal.Tenun Baduy memiliki makna, nilai sejarah, dan teknik yang tinggi dari segi warna, motif, jenis bahan serta benang yang digunakan. Pekerjaan menenun dilakukan oleh kaum perempuan sekira 3 minggu hingga 3 bulan prosesnya.

Untuk melihat kegiatan Parade Heritage dapat di link https://www.instagram.com/reel/CyVIs12pH23/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

 Kegiatan Pagelaran Musik di Link https://www.instagram.com/reel/CyVJB5TJygP/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==


Pagelaran Parade Heritage
Parade Heritage Kostum Karnaval

 Namun sayangnya, kekayaan warisan budaya tenun Baduy ini tidak banyak dikenakan oleh generasi muda, bahkan cenderung menurun peminatnya. Yayasan Topi Bambu tak hanya melestarikan tenun Baduy hanya sebagai busana (sandang). Ingin menggali dan membangkitkan khasanah budaya kearifan lokal Banten lainnya, di wilayah 8 Kab/Kota di provinsi Banten yang belum tersentuh secara potensi kearifan lokal masing-masing daerah.

 

Kegiatan Parade Heritage ini di laksanakan di Eco Plaza Citra Raya Tangerang tanggal 28-30 Juli 2023, Acara yang di tampilkan memberikan manfaat bagi masyarakat pada umumnya baik kalangan ibu ibu maupun kalangan melenial yang dapat menampilkan seni dan kebudayaan lokal baik seni tari, dance, pecak silat, kostum karnaval, pagelaran, fashion show baju karnaval, seminar untuk edukasi komodifikasi Tenun Baduy dan Serat Alam Banten serta menampilkan karya inovasi baik karya Tradisional maupiun karya Modern serta music kalua muda tampil memeriahlam acara untuk seniman dan budayawan dengan mengangkat potensi kearifan lokal . Kegiatan Parade Heritage  dengann tujuan agar : Melestarikan Tenun Baduy Sebagai Warisan Budaya TakBenda,  Menciptakan karya kreatif dan inovatif dari warisan budaya

Banten, Menggali potensi kearifan lokal Banten dari sumber daya alam, manusia dan budaya, Sebagai daya tarik wisata budaya dan warisan budaya yang sustainable (berkelanjutan)  ungkap ketua Yayasan Topi bambu Agus Hasanudin.

Kegiatan ini berjalan dengan baik dan memberikan dapat positif bagi kegiatan seni budaya serta penciptaan karya Iniovatif dan Kreatif dan mengucapkan twerimakasih kepada semua pihak yang sudah menampilkan pagelaran dan pertujukan yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages