Translate

Koleksi Topi Tangerang yang Mendunia

Perkembangan ekonomi global yang begitu pesat merupakan tantangan dan sekaligus peluang dalam mengembangkan ekonomi keratif dan inovatif guna mengimbangi pangsa pasar yang begitu bersaing. Produk-produk lokal dengan identitasnya masing-masing berusaha untuk tetap bertahan di tengah-tengah produk luar negeri. Hal ini dilakukan guna tetap memberikan peluang kepada tenaga kerja lokal (pengrajin topi bambu) agar tidak meninggalkan produksi lokal yang dihasilkannya. Sebagai salah satu produk lokal di Kabupaten Tangerang yang dihasilkan dari kearifan lokal dari generasi ke generasi  yakni mengembangkan inovasi dan kreativitas kerajian topi bambu dengan berbagai metode pengembangan karyanya. Oleh karena itu,  produk lokal Kabupaten Tangerang tidak bisa begitu saja berjalan dengan sendirinya, disinilah harus ada pelopor sekaligus motor penggerak dari pengembangan kegiatan ekonomi kreatif dan inovatif.

                                        Liputan Topi Tangerang yang Mendunia

Untuk melestarikan dan menjaga tradisi budaya agarvtidak terlupakan, komunitas Topibambu mengucapakn terima kasih terlah diberikan kesempatan dalam liputan acara program TV Maestro Indonesia di RTV. "makin cakep"



Berdasarkan sejarah  Kab. Tangerang sejak dahulu masyarakat pribumi pada umumnya , mata pencaharian sampingan adalah kerajinan menganya topi, hampir seluruh penduduk tangerang melakukan kerjaan ini. Topi bambu atau topi panama yang lebih popular Topi Tangerang, ini menjadi terkenal karena jasa warga Negara perancis bernama Franschman Petit Jean pada tahun 1882 telah mendirikan industry rumahan (Home Industri) “Sumber Sejarah kab.Tangerang buku LPPM UNIS Tangerang 1992”


                                        Proses pembuatan Topi Bambu

No comments:

Post a Comment