Rumah Kreatif Topibambu ICHe Tangerang

Terwujudnya Rumah Kreatif Topi Bambu ICHE (Saung Topibambu ICHE) adalah saung Topi Bambu Indonesia Creative Heritage, saat ini terus kolaborasi dan di dukung sinergi Akademisi, Komunitas, Pelaku Bisnis dan Media.
Lokasi Kab.Taangrang narahub.081385137473



Akademisi akan kolaborasi kampus di wilayah  Tangerang  bersama Pak Bunyamin sebagai wakil dari STTM sudah diskusi sebagai peneliti dan mengembang kan inovasi industri kreatif hingga menghasil kan nilai harga.
Komunitas bekerja membentuk ekosistem serta menyiapkan button up untuk menumbuhkan inisiatif, partisipatif, dan antusias. Komunitas adalah jantung dalam pengembangan ekonomi kreatif.
Pelaku Bisnis dan Asosiasi berbagi kesuksesan bisnis dengan halayak yang berperan lewat kekuatan modal, pengalaman, pengetahuan, dan akses pasar.
Media sesuai perannya untuk memberitakan, mensosialisasikan, dan menginformasikan yang baik dan benar serta membackup proses pengembangan dan pemberdayaan.
Rumah Kreatif berfungsi sebagai :

Terkait dengan Undang-undang tersebut di atas, maka Instruksi Presiden Nomor: 6 Tahun 2009 tentang Pengembangan Ekonom Kreatif, merupakan petunjuk pelaksanaan (Juklak) yang bersifat nasional dengan muatan sebagai berikut:

SARANA RUANG KREATIF

Saung ini akan di lengkapi berupa Sarana Ruang Kreatif diantaranya tata cahaya, tata suara, properti pertunjukan, proyektor penayangan, signage, instrumen musik, kamera foto.
- Sebagai ruang edukasi, ruang diskusi
- Perpustakaan

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI:

Kelengkapan sarana pendukung bidang Teknologi informasi dan komunikasi diantaranya komputer, laptop dan wifi untuk akses internet

Dengan  peran Rumah Kreatif (Saung Topi Bambu) sebagai:

Pusat Penguasaan dan Pengembangan Inovasi  (center of excellence)
Pusat pengembangan kewirausahaan (enterpreneurship)
 inkubasi industri baru/UKMK berbasis industri kreatif
Pusat pendidikan dan latihan untuk SDM industri kreatif.
Museum Heritage Tangerang


Tujuan Saung Topi Bambu ICHE Tangerang:

Memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan
Menciptakan iklim bisnis yang kondusif dan positif
Menciptakan masyarakat yang kreatif dan inovatif
Memberikan dampak sosial yang positif
Menggali dan mengembangkan potensi segala yang dimiliki oleh lokal wisdom
Mengurangi tingkat kemiskinan dan jumlah pengangguran
Pemberdayaan Masyarakat Perajin Anyaman Bambu

Kolaborasi bersama Youngster Bank Mandiri

Kolaborasi Bersama Akademisi Kampus UNIS Tangerang

Di belahan negara mana pun di dunia ini terbukti makmur dan sejahtera rakyatnya manakala pemerintah memprioritaskan kewirausahaan sebagai agenda utama dalam pembangunannya, sebagai contoh negara-negara seperti amerika, inggris, jerman, kanada, jepang, korea plus tetangga dekat kita yaitu singapur dan malaysia, menjadi negara maju dan rakyatnya makmur berkat kesungguhannya dalam membangun dan mengembangkan kewirausahaan. Begitupun negara kita, jika ingin keluar dari berbagai masalah terutama masalah kemiskinan dan pengangguran maka solusi yang paling tepat adalah menciptakan banyak entrepreneur sukses. Anda sebagai generasi muda sekaligus sebagai agen pembaharu bangsa ini, tentunya mempunyai tanggungjawab yang besar untuk menentukan nasib bangsa ini kedepan. Mulailah detik ini rubahmind set anda bahwa sekolah/kuliah yang anda jalani ini bukan hanya semata untuk mencari pekerjaan namun ada pilihan lebih mulia dari pada sekedar bekerja yaitu membuka peluang usaha (berwirausaha), dengan wirausaha selain akan melatih kemandirian dan kebebasan mengexplorasi potensi juga dapat membantu membuka peluang pekerjaan bagi orang lain.

Mulailah detik ini, anda action untuk ber wirausaha, apapun itu jenis usahanya baik barang maupun jasa, yakinlah pada diri anda sendiri bahwa anda itu mempunyai kelebihan dan potensi yang maha dahsyat yang tersimpan didalam alam bawah sadar anda. Yang harus anda lakukan adalah kenali dan gali potensi anda tersebut, implementasikan dengan membuka usaha apapun itu yang sesuai dengan minat atau bakat anda. Jangan belenggu potensi minat dan bakat anda, mulailah membuka usaha dari hal yang mungkin terlihat kecil dan sepele namun percayalah dengan kesungguhan dan tekad yang kuat anda akan menjadi pengusaha besar, pengusaha sukses, pengusaha yang dapat mengangkat harkat martabat bangsa ini dari berbagai keterpurukan.

Ancaman kehadiran industri 4.0 terhadap pengurangan tenaga kerja tidak berlaku pada seluruh kegiatan industri. Adapun salah satu kegiatan industri yang tidak terlalu berdampak pengurangan tenaga kerja ialah industri kreatif sebab industri kreatif berbasis kreativitas, seni, budaya, dan inovasi, yang menurut UNCTAD dikelompokkan atas empat grup, yaitu seni, warisan, media, dan kreativitas fungsional.

Industri kreatif memberikan solusi bagi masyakat dan kaum intelektual untuk dapat bekerja keras menciptakan banyak entrepreneur sukses, dengan pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Menciptakan dan mengembangkan teknologi -teknologi baru untuk mendukung penciptaan industri kreatif.
Melakukan edukasi, pelatihan dan pendampingan pada industri kreatif secara berkelanjutan.
Mengembangkan teknologi home industri sebagai upaya penciptaan incubator industri kreatif yang baru.
Dengan keberadaan Rumah Kreatif Saung Topi Bambu ICHE Tangerang akan menyiapkan ruang kreatif Seni dan Desain yang terdiri dari program pendidikan dan pelatihan  :

Kuliner
Tari
Seni Pertunjukan
Fasyen (Kerajinan anyaman bambu,batik)
Kriya ( Bambu,kayu dan rotan)
Televisi dan Film

Ekonomi Kreatif adalah perwujudan nilai tambah dari suatu ide atau gagasan kekayaan Intelektual yang mengandung keorisinalan, lahir dari kreativitas intelektual manusia, berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, keterampilan, serta warisan budaya.
Demikian Runah kreatif Saung Topibambu ICHE (Indonesia Creative Heritage)
Link info
https://suarabantennews.com/2019/12/22/konsep-rumah-kreatif-kota-tangerang

No comments:

Post a Comment