-->
  • Topi Bambu "Pelestarian Produk Heritage Berbasis Pemberdayaan Komunitas "

     Dalam waktu dekat dan diberikan kelancaran akan launching buku mudah dibaca dan ringan di implementasikan semoga kerjasama Komunitas topi bambu bersama Forbil Institute Yogyakarta  dapat memberikan manfaat tulisan ini baik bagi pelajar, mahasiswa atau masyarakat umum.Dibawah ini resume sebelum buku ini jadi atau di buat e book  sebagaai berikut

     Topi Bambu : Pelestarian Produk Heritage Berbasis Pemberdayaan Komunitas 

    Buku elektronik (e-book) ini mengangkat topik produk kerajinan asal Kabupaten Tangerang, topi bambu. Keunikan topi bambu asal Kabupaten Tangerang ini begitu menarik untuk digali lebih dalam. Dimulai dengan mengulik sejarah perkembangan topi bambu sejak zaman colonial hingga dapat terus eksis hingga saat ini. 

    Dinamika pelestarian produk yang sudah menemani kehidupan masyarakat Kabupaten Tangerang menjadi satu cerita yang menginspirasi. Kang Agus bersama Komunitas Topi Bambu bergerak bersama mengupayakan kelestarian topi bambu. Upaya yang telah dirintis sejak tahun 2010 ini terus berkembang memberikan manfaat bagi ratusan pengrajin topi bambu yang tersebar di tiga puluh desa di Kabupaten Tangerang. 

    Di dalam buku ini akan dijelaskan bagaimana proses melakukan pemberdayaan kepada para pengrajin topi bambu yang sebelumnya tidak saling terhubung dalam sebuah wadah komunitas. Perjalanan Kang Agus dan Komunitas Topi Bambu dalam menyiapkan konsep pemberdayaan yang tepat disampaikan secara tahap demi tahap. 

    Pada bab lainnya, pembahasan akan berlanjut pada upaya yang dilakukan Kang Agus bersama Komunitas Topi Bambu dalam mengakomodir adaptasi perkembangan zaman, termasuk melakukan formulasi ulang produk produk yang diproduksi dan bagaimana memenuhi aspek yang dibutuhkan untuk tetap eksis. 

    Kemudian akan disambung dengan bagaimana memperkuat jaringan usaha yang telah dibangun supaya mendapat dukungan dari stakeholder seperti pemerintah, institusi pendidikan, bisnis, hingga media. Serangkaian pengalaman Kang Agus dan Komunitas Topi Bambu dikemas secara ringan dan mudah dipahami dalam buku ini.  
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Artikel

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Tangerang Corner

  Tangerang Corner sebagai wadah Pelestari Budaya sehingga dapat bermanfaat bagi tempat kajian, penelitian, Pelestarian, informasi dan rekre...