INACRAFT 2024 " Peci Anyaman Serat Pandan Berbasis Kearifan Lokal"

Inovasi Peci Anyaman Serat Pandan Merk ALF DIN
Inovasi dan Karya Kreatif menjadi Produk Berbasis Lokal Wisdom by bambu Craft


Di era globalisasi dan persaingan produk berbasis serat alam kearifan lokal sudah banyak di jumpai seantero Nusantara ini. Potensi Sumber daya alam di Indonesia banyak dan melimpah, khususnya di Banten sejak jaman kolonial rempah rempah di jual ke luar. Pemanfaatan  sumber daya alam seperti bambu, pandan, sabut kelapa dan lain sebagainya.
Transaksi perdagangan di masa sebelum kemerdekaan khususnya Tangerang sejak 1913 sudah ada industri produk topi bambu dan topipandan.

Produk kreatif anyaman serat pandan di kombinasikan dengan bahan bludru, batik dan tenun Baduy ,produk tersebut secara legal sudah tercatat di HAKI ( Hak Kekayaan Intelektual) yang telah dilindungi secara hukum di neraga ini. Semoga serat alam ini dapat memberikan manfaat di acara perhelatan terbesar. " handicraft Trade Center" di Jakarta Convention Center Tanggal 28 Feb - 3 Maret 2024 di Stand Bambu Craft bersama PT.Angkasa Pura II.
Kearifan lokal merupakan cara orang bersikap dan bertindak dalam menanggapi perubahan dalam lingkungan fisik dan budaya.Suatu gagasan konseptual yang hidup dalam masyarakat tumbuh dan berkembang secara terus menerus dalam kesadaran masyarakat atau lebih mudah nya kearifan lokal betujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan menciptakan kedamaian, Tsaqofah,jurnal agama dan budaya,R.Permana, kearifan lokal berbasis ekonomi kreatif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages